Selasa, 04 Juni 2013

Bagaimana Bahasa Jepang itu..?? Sulit kah??

ohayou minasan.. :D 

Dari kalian-kalian pembaca adakah yang suka hal-hal tentang Jepang seperti saya?? Pastinya banyak ya...apasih yang kaliah suka dari Jepang?? Makan kah?? Bahasanya kah?? Tempat wisatanya kah atau Film-film jepang seperti dorama atau Anime....nah untuk awal dari post saya di blog saya ini saya akan membahas tentang “Bahasa Jepang” sebernarnya bagaimana sih Bahasa Jepang itu oke saya akan  jelaskan bagaimana-bagaimananya.. selamat menyimak J

Perbedaan Pola Kalimat pada Bahasa Indonesia & Bahasa Jepang :
- Frase
 > Bahasa Indonesia : D-M (Diterangkan - Menerangkan)
 > Bahasa Jepang : M-D (Menerangkan - Diterangkan)

bahasa jepang punya pola S-O-P ,,, sedangkan bahasa indonesia S-P-Octh : watashi (S) wa kinji (O) desu (P),,,saya (S) adalah (P) kinji (O)

klw ada keterangan jadi (S+K+O+P)

*lho...kok ada ''wa'' nya ,,,trus ''desu'' itu apa..??-''wa'' => partikel-''desu'' => g' ada arti khusus,gunanya untuk mempersopan kalimat

*iih..partikel apa sih..??-partikel itu kata bantu/kata penghubung ,, seperti ''to be'' dalam bahasa inggris

*partikel apa-apa aja sih..??-wa ditulis ''ha'' dlm hiragana-o  ditulis ''wo'' dlm hiragana
-ga
-ka
-e ditulis ''he'' dalam hiragana
-no
-ni
-de
-to
-mo
-ya
-kara
-made
-yori* kok banyak ...make nya gimana..jelasin donk !! sabar...nanti di bahas,sambil -buat kalimat sederhana* ,hiragana ,katakana sama kanji nya ..gimana...cara bacanya gimana..nulisnya gimana..??
-saya kasih saran nih...orang yg ingin belajar dan ingin sekedar tau kadar giat belajar nya beda..yg niat pasti rela beli buku ttg yg bgtuan,,atau paling gak yaa..googling laah..pasti ada usaha buat cari apa yg dia mau..
cara belajar efektif gimana sih...??-banyak menghapal dan mengoleksi vocab/kotoba-baca fungsi partikel-sering latihan menulis bagi yang tau hiragana katakana
-rajin latihan buat kalimat
-rajin ngomong..kalau malu sm orang lain..ngomong aja di cermin sm diri sendiri..gak perlu malu...kalau malu ngapain belajar bahasa orang..
-yang mau cepet ngapalin hiragana,,,sering-sering ngapalin vocab sambil nulis...vocab dapet,hiragana dapet.-yang katakana ,admin punya saran..klw punya buku bacaan apa aja majalah,koran atw apalah yg gak di pake coba hurufnya di rubah ke katakana..untuk pemula paling gak terbiasa dengan cara menulisnya dulu,mau bener atau salah di jepangnya urusan nnti,yg penting bisa ngerti dulu deh.

*kalau tips kanjinya..gmn..??-untuk pemula,coba hapalin kanji2 dasar dulu...yang sudah tersedia....

*carinya di mana..??
- gak perlu beli buku kanji dulu. Paling gampang adalah kamus, tentunya yang ada tulisan jepangnya. Selain itu, tmn2 juga bisa nambah kosakata. Mungkin secara gak sengaja bisa nemu kata yang menurutmu menarik.terus coba deh corat-coret nulis kanji..
kalau yg pemula, gak perlu mempedulikan urutan menulisnya dulu. Dikira-kira aja dari tebal-tipis coretannya. Kesalahan dalam belajar itu hal yg biasa. Kalau kamu sudah merasa ingin menulis dengan urutan yang benar, silakan cari buku atau tutorial yang menerangkan kanji atau belajar dengan temanmu yang sudah ahli. Walaupun terlihat sepele, stroke (coretan) adalah faktor penting benar tidaknya kanji yang kita tulis.
Kalau kamu sudah bisa membuat kalimat dalam romaji,hiragana dan katakana, cobalah untuk menulisnya dalam kanji. Cara ini cukup efektif karena nantinya kamu bakalan tau gimana cara  kanji itu digunakan dalam gabungan sebuah kata.
-gak perlu waktu khusus untuk belajar bahasa. Bisa di mana saja. Di jalan, di kereta, di bis, di restoran, atau di kampus atau kalok lg gak ada kerjaan..yang penting niat..

-Kanji-kanji yang kompleks biasanya terbentuk dari gabungan beberapa kanji dasar. Dan biasanya artinya gak jauh dari kanji-kanji yang membentuknya. Buatlah list untuk setiap kanji yang sudah kamu hafal. Gunanya untuk mengetes di kemudian hari. Kalau lupa tinggal liat daftar itu aja,gak susah-susah membolak-balik kamus lagi. Selain itu ada cara lain untuk menguji kemampuan membaca kanji yang lebih menyenangkan.

-Bagi  yang suka nonton anime, bisanya di opening soundtracknya ada lyric di bawahnya kan, nah coba aja dari situ. Yang menguntungkan dari lirik lagu adalah kosakatanya yang bisa kita temukan di hampir setiap lirik lagu-lagu yang lain.

-Kalau udah ada ketertarikan, kamu akan menemukan sendiri metode selanjutnya yang lebih pas buat kamu. Yang paling penting adalah jangan merasa terbebani. Kuncinya adalah melakukannya dengan cara yang menyenangkan.

-jangan lupa niat,dan g' perlu malu..

Dewa, mina-san, benkyou… ganbatte ne!!


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar